Apa yang Dimaksud dengan Penelitian (Pengertian Penelitian)?

pengertian penelitian

pengertian penelitian

Saat ini, banyak orang yang sibuk melakukan penelitian. Baik itu bagian yang secara khusus bergerak di bidang penelitian ataupun orang-orang yang melakukan penelitian karena “dipaksa oleh keadaan”. Ada banyak macam penelitian, entah itu Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian dan Pengembangan, atau yang lain. Tapi yang akan kita bahas di kesempatan ini adalah dasar dari semua ilmu penelitian, yakni pengertian penelitian itu sendiri.

Penelitian merupakan terjemahan dari bahasa Inggris research. Selain itu ada juga yang menerjemahkan research sebagai riset. Research sendiri berasal dari kata re yang berarti “kembali” dan to search yang berarti “mencari”. Dengan demikian arti sebenarnya dari research adalah “menemukan kembali”.

Menurut kamus Webster’s New International, penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip;suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu. Menurut ilmuwan Hillway(1956), penelitian tidak lain dari suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.

Whitney(1960) menyatakan bahwa disamping untuk memperoleh kebenaran, kerja menyelidiki harus pula dilakukan secara sungguh-sungguh dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian, penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran sehingga penelitian juga merupakan metode berpikir secara kritis.

Dari definisi penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penelitian merupakan kegiatan yang terorganisasi. Penelitian juga bertujuan untuk mengubah kesimpulan-kesimpulan yang telah diterima, ataupun untuk mengubah dalil dengan adanya aplikasi baru dari dalil-dalil tersebut. dari itu, penelitian dapat diartikan sebagai pencarian pengetahuan dan pemberi artian yang terus-menerus terhadap sesuatu. Penelitian juga merupakan percobaan yang hati-hati dan kritis untuk menemukan sesuatu yang baru.

Karena penelitian inilah beragam produk ditemukan dan ribuan ilmuwan abadi dalam nama. Siapa yang tidak mengenal Sir Isaac Newton, Thomas Alva Edison, Marie dan Pierre Curie, dan sebagainya? Mereka merupakan beberapa contoh orang-orang yang menekuni penelitian dalam sebagian besar hidup mereka.

Lantas, apa yang sudah kita teliti??

 

by Adi Setiawan

Adiess-RSA

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s