Syarat Minimal untuk Menjadi Seorang Peneliti

Penelitian terdengar seperti sesuatu hal yang sangat serius dan rumit. Ya, memang bisa dikatakan seperti itu meskipun tidak wajib. Untuk melakukan penelitian pun sepertinya ada banyak hal yang mesti dipersiapkan tergantung jenis penelitian dan metode yang akan dipakainya.

Doing Research

Doing Research

Kita belum akan membahas masalah tersebut. Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah, apa syarat minimal untuk menjadi seorang peneliti?

Syarat minimal yang kita butuhkan hanyalah rasa ingin tahu, rasa tidak mudah putus asa, dan motivasi. Hanya itu? tidak juga, tapi yang paling esensial bagi seorang yang ingin menjadi peneliti yang handal seperti ilmuwan-ilmuwan masa lalu salah satunya item tersebut.

Rasa ingin tahu pasti dimiliki oleh setiap orang sejak ia lahir. Masih ingat masa-masa balita Anda? Anda pasti akan menanyakan segala sesuatu yang Anda lihat kepada orang-orang terdekat. Apakah sekarang rasa ingin tahu yang ada masih sebesar dulu? ataukah sudah melemah seiring waktu?

Dalam melakukan penelitian apapun, dari yang paling sederhana sampai tingkat paling kompleks pastilah akan ada banyak kendala. Pasti akan banyak eksperimen yang kacau, data yang tidak sesuai harapan, ataupun kendala seputar dana penelitian. Pastikan otak kita tetap jernih menghadapi semua hal ini dan tidak pernah mudah putus asa. Berapa jumlah eksperimen yang telah dilakukan Thomas Alva Edison sampai ia menemukan lampu pijar? Bukankah sarat dengan kegagalan-kegagalan terlebih dahulu?

Dan yang terpenting dalam melakukan penelitian adalah motivasi. Apa motivasi Anda melakukan penelitian? ingin mendapat penghargaan ‘kah? ingin diakui keberadaanya ‘kah? atau dengan alasan-alasan lain?

Apapun minumannya alasannya, hendaknya ada satu hal yang mesti ditekankan dalam benak pikiran : “saya meneliti untuk menemukan ilmu yang bermanfaat bagi masyakat”. Kenapa demikian? karena itu berarti kita tidak egois dalam bekerja, dan tetap fokus pada orientasi sosial (amal jariyah juga kan??)..

Masih banyak alasan yang lain, namun belum bisa dituliskan sekarang. Barangkali opini seputar masalah ini juga bisa dilanjutkan oleh Sapto Prasetyo dan Reny Karlinawati, dalam perspektif mereka masing-masing tentunya..🙂

*) Update

Selain beberapa syarat diatas, ada satu tambahan lagi yang perlu diperhatikan yakni penguasaan teknologi. Seorang peneliti di masa kini tidak hanya sekedar menguasai teori penelitian ataupun teori statistik saja, bukan? Mereka juga harus bisa menggunakan tools yang bisa mendukung pekerjaan seperti SPSS atau Microsoft Excel. Jadi, pastikan Anda juga menguasai teknologi yang dipakai di masa kini. Era mengetik dengan mesin ketik manual telah berlalu sejak lama, era menghitung manual di lembaran-lembaran kertas kini telah dimudahkan dengan komputer. Mengapa masih yang manual??

 

Sekian.

by Adi Setiawan

Adiess-RSA

One thought on “Syarat Minimal untuk Menjadi Seorang Peneliti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s