Mengembangkan Aplikasi Mobile

Kali ini saya ingin nge-share sedikit opini saya tentang pengembangan aplikasi untuk sistem mobile.

Tahun 2010 kemarin ditandai dengan bermunculannya mobile operating system yang baru-baru. mulai dari Windows Phone 7, Android 2.3 Gingerbread, iOS 4, Symbian ^3, dan BlackBerry OS 6. untuk kita yang ingin mengembangkan aplikasi mobile untuk tujuan komersial, pastilah kita akan bingung dalam memilih platform mobile yang cocok untuk target pasar kita.

Android Market

Android Market

Nah,  kita mesti pintar-pintar membaca peluang pasar dan resource yang kita miliki untuk mengembangkan sistem semacam itu. karena setiap SDK pengembangan untuk setiap mobile OS diatas berbeda-beda, kita tidak bisa dengan mudah membuat satu program berbasis Java yang bisa langsung kompatibel dengan semua sistem diatas. semua memiliki gaya pemrograman yang berbeda-beda.

Oleh karena kita menghadapi berbagai variasi yang ada, kita harus memilih salah satu platform yang  kita jadikan platform pengembangan utama kita, entah kita akan memilih Android, BlackBerry, Apple, atau Nokia.

Ada satu alasan yang bisa membantu kita untuk bisa memilih platform diatas, yakni pertimbangkan pangsa pasar negara yang kita tuju. pangsa pasar negara?? iya, setiap negara memiliki kecenderungan pasar yang berbeda-beda. Singapura cenderung pada platform Apple iOS. jadi pertimbangkan untuk memilih Apple jika mau menyasar pasar Singapura. kalau Indonesia bagaimana?? ternyata, meskipun Nokia masih menjadi penguasa pasar kita, perkembangan BlackBerry ternyata sangatlah signifikan untuk pasaran platform smartphone. Jadi Anda bisa memilih antara Symbian ^3 atau BlackBerry OS 5 atau 6 yang terbaru .

Masih bingung juga?

Kalau iya, kembali ke passion kita sendiri. dimana kita bisa “menikmati dunia kita”. kalau saya pribadi sih.. lebih memilih Android platform. kenapa? karena saya  agak fanatik saya Linux. Android ‘kan berbasis Linux (meski tidak berstandar POSIX), jadi ya ikut kena getah fanatisme saya deh..:-)

Dimana passion Anda??

by Adi Setiawan

Adies-RSA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s