Mencari Ide Penelitian

Orang bilang ide itu susah untuk dipaksakan. Ibaratnya kalau sudah dipikirkan sampai ujung tidak ada ide ya berarti memang tidak ada ide. Begitu kira-kira. Apakah Anda setuju dengan opini tersebut?

Ide

Saya ‘pernah’ percaya hal itu. Saya pernah mengalami hal itu. Untuk mencari suatu bahan penelitian, apapun bentuknya itu memang tidaklah mudah. Kita butuh ketenangan dan kesabaran sampai ide yang cemerlang melintas di kepala kita. Lantas apa karena ‘ide susah dipaksakan’ kita tidak mencoba untuk mencarinya? Of Course No!

Saya pernah memikirkan suatu trik untuk mendapatkan ide penelitian. Barangkali sudah banyak orang yang menuliskan ini, saya kurang tahu. Sebagai catatan, meskipun posisinya saya disini sebagai pemberi materi bukan berarti saya selalu kaya akan ide ya, saya hanya manusia biasa yang kadang lack of idea. Tulisan ini merangkumkan trik yang pernah saya pakai ketika saya merasa ‘sedang memiliki ide-ide’.

Banyak membaca. Anda tidak pernah tahu sebuah korelasi antara satu hal dengan hal yang lain jika posisinya Anda tidak pernah membaca literatur yang berkaitan dengan bidang yang akan Anda teliti atau Anda buat. Baca literatur apa?? Apa saja! Akan lebih bijak kalau Anda membaca literatur yang berkaitan langsung, tapi akan lebih kaya ketika Anda bisa menemukan literatur yang membahas bidang yang akan Anda teliti beserta korelasinya dengan bidang yang lain. Misalnya Anda mau mencari literatur tentang Buah Pisang. Anda bisa saja langsung mencari yang berkaitan dengan itu, tapi cobalah Anda juga cari di bagian tanah, unsur hara, klasifikasi tumbuhan, dan lain-lain. Kenapa? karena meskipun kecil pasti ada korelasinya. Karena barangkali ada satu kalimat saja yang bisa membuat Anda melihat suatu ide. Ingat ya, terkadang ide yang brilian itu muncul hanya sesaat. Slashh.. and goes away. Jadi persiapkan diri Anda untuk melihat ide tersebut dengan buku catatan.. (kaya’ salah satu acara anak-anak Blue’s Clues aja).

Kalau Anda sedang bosan dan malas baca buku (terkadang akan mengalami ini juga si..), cobalah untuk menonton film fiksi ilmiah, atau yaa film yang bisa membolak-balikkan perasaan dan motivasi Anda untuk sejenak. 3 Idiots, Sang Pemimpi, atau apapun yang Anda sukai. Tujuannya adalah selain untuk refreshing, barangkali Anda akan mendapati sebuah motivasi baru karena terinspirasi oleh film yang Anda tonton.

Langkah berikutnya adalah sedikit refreshing dengan jalan-jalan ke suatu tempat. Tak mestilah harus ke tempat yang  jauh, tapi cobalah jalan-jalan ke tempat yang hijau, dipenuhi banyak pepohonan dan tanaman. Biarkan oksigen itu mengalir dalam organ pernafasan Anda. Tarik nafas dalam-dalam dan tataplah warna dedaunan yang hijau. Semoga bisa membantu sedikit.

Kalau Anda sedang punya banyak beban pikiran namun tidak bisa diceritakan kepada orang lain, bagaimana Anda bisa mendapatkan ide? Coba Anda tuliskan permasalahan atau beban Anda saat ini, atau buat corat-coret kertas sebagai ungkapan kekesalan Anda. Ada dua hal dari hal ini, pertama bisa saja perasaan Anda akan lebih lega, dan yang kedua Anda mendapatkan sebuah karya seni!🙂

Barangkali ini dulu yang bisa saya tulis, ini pendapat saya pribadi saat ini. Ketika nanti ada inspirasi tips yang baru, Insya Allah akan saya tuliskan juga di blog ini. Hmm.. semoga Sapto Prastyo dan Reny Karlinawati juga bisa menambahkan tips mencari ide yang mereka punya.

by Adi Setiawan

Adies-RSA

3 thoughts on “Mencari Ide Penelitian

  1. sederhana…. tapi cukup menarik..
    yaa terkadang kita sering lupa akan hal yang biasa kita lakukan.. sehingga tidak terlintas pikiran yang positip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s