Syarat Utama Berhasilnya Penelitian

Doing Research

Doing Research

Penelitian yang efektif tidak dapat terjadi seenaknya saja, tetapi ia harus didukung denagn faktor-faktor penunjang serta sarana dan prasaran yang cukup. Disamping faktor peneliti sendiri, ada faktor lingkungan yang turut mempengaruhi. Contoh nyatanya ya ketika perang dunia kedua banyak peneliti yang tidak bisa meneruskan riset mereka karena lingkungannya jelas tidak memungkinkan untuk itu, bahkan untuk keselamatan mereka sendiri.

Somers(1959) memberikan syarat agar pelaksanaan penelitian dapat berjalan lancar. Syarat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Adanya kesadaran masyakat tentang pentingnya penelitian untuk suatu negara ataupun daerah.

2. Harus ada sarana dan pembiayaan yang cukup.

3. Hasil penelitian harus segera diterapkan.

4. Harus ada kebebasan dalam melakukan penelitian.

5. Peneliti harus mempunyai kualifikasi yang diperlukan.

Dari sisi peneliti sendiri, ia harus memiliki kompetensi yang diperlukan agar penelitian yang dilakukannya berjalan dengan lancar. Menurut Whitney(1960) ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh peneliti, yaitu :

1. Daya nalar, seorang peneliti harus mempunyai daya nalar yang tinggi yaitu dengan adanya kemampuan memberi alasan dalam memecahkan masalah, baik secara induktif maupun secara deduktif.

2. Orisinalitas, peneliti harus mempunyai daya hayal ilmiah dan harus kreatif. Peneliti harus brilian, mempunyai inisiatif yang berencana serta harus subur dengan ide-ide yang rasional dan menghindari plagiat.

3. Daya ingat, seorang peneliti harus memiliki daya ingat yang kuat, selalu ekstensif dan logis. Dapat dengan sigap melayani serta menguasai fakta-fakta.

4. Kewaspadaan, seorang peneliti harus secara cepat dapat melakukan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi pada suatu variabel atau atas suatu fenomena.

5. Akurat, seorang peneliti harus mempunyai tingkat pengamatan serta tingkat perhitungan yang akurat, tajam, serta beraturan.

6. Konsentrasi, seorang peneliti harus mempunyai kekuatan konsentrasi yang tinggi, kemauan yang keras, serta tidak cepat muak.

7. Dapat bekerja sama, peneliti harus mempunyai sifat yang kooperatif, dapat bekerja sama dengan siapapun. Harus mempunyai keinginan untuk berteman secara intelektual, dan dapat bekerja secara team-work.

8. Kesehatan, seorang peneliti harus sehat, baik jiwa maupun fisik. Peneliti harus stabil, sabar, dan penuh vitalitas.

9. Semangat, kesehatan si peneliti harus ditunjang pula dengan semangat untuk meneliti.

10. Pandangan Moral, seorang peneliti harus mempunyai kejujuran intelektual, mempunyai moral yang tinggi, beriman dan dapat dipercaya.

(Sumber : Metode Penelitian oleh Moh. Nazir, Ph.D)

by Adi Setiawan

Adiess-RSA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s