Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam New Economy – Bagian 3 (Selesai)

Ini merupakan bagian terakhir dari tulisan saya tentang teknologi informasi dan komunikasi dalam new economy. Melanjutkan penulisan bagian kedua dan bagian pertama yang telah lalu, bagian ketiga ini berisi kesimpulan dan saran bagi korporasi dalam mengimplementasikan teknologi di dalam lingkungan bisnisnya.

Adi Setiawan

Adi Setiawan

BAB III – PENUTUP

A. Kesimpulan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesatnya telah mempengaruhi sebagian besar aspek kehidupan manusia, termasuk aspek perekonomian. Sebagai organisasi yang berorientasi pada profit, perusahaan-perusahaan diharuskan untuk terus mengembangkan sistem internal yang mereka miliki agar tidak kalah dari perusahaan pesaingnya. Sistem internal yang dimaksud tentu saja adalah teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri.

Ketika diimplementasikan dalam organisasi perusahaan, TIK akan semakin mempermudah pekerjaan yang menjadi rutinitas perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, sisi manajemen juga akan terbantu berkat penggunaan sistem informasi yang membantu mereka dalam pengambilan keputusan bisnis ataupun untuk mempererat koordinasi antarlini dalam perusahaan.

Teknologi komputerisasi, telekomunikasi, dan internet turut memperbesar peluang perusahaan untuk mencapai pasar yang mereka tuju. Melalui penggunaan sistem corporate website yang baru, sistem e-commerce, dan sebagainya perusahaan-perusahaan besar terus berupaya memperbesar pangsa pasar yang mereka miliki untuk semakin memperbesar profit yang didapatkan.

B. Saran

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara umum memang akan membantu sistem administrasi dan manajemen perusahaan secara umum, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan teknologi informasi yaitu :

1.    Mendesak atau tidaknya perubahan dari sisi infrastruktur IT yang dimiliki. Perusahaan hendaknya tidak perlu cepat-cepat memperbarui infrastruktur IT mereka jika memang belum urgent.

2.    Implementasi IT yang bagus harus diiringi pula dengan penyamaan persepsi etika dan politik yang ada di level internal organisasi. Seperti yang telah dijelaskan, hal ini penting untuk tetap menjaga komitmen dan profesionalisme karyawan.

3.    Banyak vendor bagus yang menggunakan lisensi komersial, akan tetapi perusahaan diharapkan dapat memilih pula vendor untuk lisensi free software karena selain dapat menghemat pengeluaran, sistem semacam ini juga akan meningkatkan kemampuan pengelolaan sistem komputer perusahaan yang bersangkutan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Griffin, Ricky dan Ronald J. Ebert. 2007. Bisnis. Jakarta : Penerbit Erlangga

HM, Jogiyanto. 2009. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Laudon, Kenneth dan Jane P. Laudon. 2008. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Munir Sukoco, Badri. 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta : Penerbit Erlangga

O’Brien, James. 2006. Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Penerbit Erlangga

http://cha2.blog.binusian.org/files/2009/06/pemanfaatan-teknologi-internet-dalam-bisnis.doc diakses pada tanggal 19 Januari 2011

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan diakses pada tanggal 20 Januari 2011

http://id.wikipedia.org/wiki/Portal_web diakses pada tanggal 19 Januari 2011

http://www.setiabudi.name/archives/373 diakses pada tanggal 19 Januari 2011

http://www.setiabudi.name/archives/389 diakses pada tanggal 19 Januari 2011

 

Sekian dan terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s