Mengevaluasi Kegagalan Penelitian

Terkadang ketika semua persiapan yang telah kita lakukan telah sempurna dan sistematis, ternyata ada saja kendala yang terjadi di penelitian. Entah itu data yang diharapkan tidak muncul ataupun permasalahan yang berkaitan dengan organisasi.

Doing Research

Doing Research

Jika permasalahan yang terjadi itu berkaitan dengan data-data penelitian, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan di dalamnya. Yang pertama adalah mengecek kembali semua peralatan, instrumen penelitian. Lho, bukankah tadi dijelaskan bahwa persiapan telah sempurna? Iya, tapi apa salahnya coba? Manusia tidak bisa lepas dari keteledoran. Barangkali Anda salah tulis, salah mengurutkan sesuatu, salah mengambil bahan, atau lain sebagainya. Semakin kita meneliti kesalahan, semakin terbiasa kita untuk teliti dalam meneliti. Bukankah ini akan melatih kebiasaan yang bagus?

Jika permasalahan berkaitan dengan sistem organisasi penelitian, teamwork misalnya, sebagai contoh karena ketidakdisiplinan anggota yang lain penelitian kita tidak berjalan dengan bagus, sering mengalami keterlambatan yang mengakibatkan penurunan mutu produk atau sulit mencapai data yang diinginkan secara optimal, maka cobalah pertimbangkan untuk merestruktur posisi-posisi yang ada dalam organisasi. Artinya, mungkin Anda perlu menempatkan ‘dia’ diposisi yang tidak berpengaruh secara esensial penuh. Sehingga ketika ada permasalahan yang terjadi dengannya, akibatnya tidaklah terlalu fatal bagi data.

Ini sekedar opini yang saya miliki hari ini. Yang pasti suasana hati orang senantiasa berganti. Anda pastilah memiliki opini tersendiri..🙂

by Adi Setiawan

Adiess-RSA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s