OpenSolaris : Solusi Keterbatasan Pengembangan Aplikasi dan Pembelajaran Jaringan – Bagian 2

Melanjutkan tulisan sebelumnya, posting-an ini adalah bagian kesimpulan dari karya tulis tentang OpenSolaris, sekaligus reflection kami terhadap karya pertama kami, termasuk pula beberapa informasi terkait dengan kondisi sistem operasi OpenSolaris sekarang ini.

c. Kesimpulan

Terkait dengan kompetensi dunia kerja yang mengimplentasikan Solaris dan keterbatasan-keterbatasan fitur jaringan dan pengembangan aplikasi pada Linux dan Microsoft Windows, institusi pendidikan perlu  mengimplementasikan OpenSolaris dalam pembelajaran jaringan dan pengembangan aplikasi berbasis Linux dan Microsoft Windows sebagai solusi keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh kedua sistem operasi tersebut .

Adi Setiawan

Adi Setiawan

OpenSolaris perlu diimplementasikan karena OpenSolaris memiliki tingkat skalabilitas yang lebih baik pada perangkat keras berskala besar dan jaringan besar serta memiliki beberapa teknologi untuk pengembangan aplikasi terbaru yang kebanyakan tidak dapat diimplementasikan ke Linux karena masalah lisensi seperti ZFS, DTrace, dan lain sebagainya.

Dengan kelebihannya tersebut, OpenSolaris dapat melengkapi keterbatasan media pembelajaran jaringan dan pengembangan aplikasi di dunia pendidikan menengah dan perguruan tinggi yang selama ini hanya menggunakan Linux dan Microsoft Windows sehingga kompetensi kemampuan peserta didik akan meningkat.

OpenSolaris dapat diimplementasikan sebagai tambahan materi pembelajaran sistem operasi dalam pembelajaran regular atau dengan pembentukan kelompok belajar OpenSolaris. Pihak institusi pendidikan juga dapat memberikan dukungan pada kelompok belajar OpenSolaris dengan mendaftarkan institusi pendidikannya untuk berpartisipasi dalam Open Source University Meetup. Di forum ini nantinya kelompok belajar OpenSolaris dapat saling bertukar ilmu dengan kelompok belajar dari kota atau negara lain.

Dengan mengimplementasikan OpenSolaris sebagai tambahan materi pembelajaran jaringan dan pengembangan aplikasi di institusi pendidikan serta berpartisipasi dalam komunitas pengguna OpenSolaris, peserta didik diharapkan dapat memperoleh pengalaman melakukan administrasi jaringan yang sekelas dengan level enterprise, mampu memanfaatkan teknologi terkini yang akan diimplementasikan pada Solaris versi terbaru, serta mampu menggunakan OpenSolaris sebagai salah satu media pengembangan aplikasi (software development).

 Dengan kompetensi tambahan yang dimiliki serta adanya relevansi kebutuhan dengan dunia kerja, lulusan akan memiliki daya saing yang lebih baik dan lebih siap dalam memasuki dunia kerja dibandingkan dengan kondisi sebelum adanya pengimplementasian OpenSolaris.

###

Hanya itu saja bagian isi karya tulis PKMGT 2010 kami tentang OpenSolaris. Sangat simpel, bukan? sebenarnya ada beberapa gambar pendukung yang ada di dalam bagian isi, hanya saja untuk efektivitas waktu penulisan di blog ini gambar-gambar tersebut tidak dapat ditampilkan. Mohon maaf.

Nah, sesuai dengan janji saya di depan, ada sedikit reflection saya terkait dengan karya pertama ini. Menurut saya pribadi, suatu karya tulis PKMGT haruslah analitis,unik, dan Up to Date. Analitis maksudnya penjelasan kita haruslah memiliki sisi analisis terhadap materi yang tajam. Tidak hanya materinya saja, tapi juga tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan materi tersebut. Contohlah dalam karya kami diatas, seharusnya kami lebih bisa menjelaskan sisi pengembangan aplikasi dan pembelajaran jaringan komputer secara mendalam, tidak hanya mengungkapkan fitur dari OpenSolaris itu sendiri.

Anda sendiri pasti sudah tahu maksud dari Unik. Maka tak perlulah saya bahas panjang lebar. Intinya karya yang Anda buat belum tentu ada dalam benak orang lain. Barangkali (karena kami juga tidak yakin), salah satu alasan yang membuat karya kami mendapatkan hibah adalah sisi keunikan ini. Jarang orang tahu tentang sistem operasi OpenSolaris, yang tahu pun belum tentu terpikirkan untuk membuat karya tulis PKMGT tentang OpenSolaris.🙂

Up to Date. Anda juga sudah tahu. Menurut saya pribadi sih, pada saat itu (tahun 2010 kemarin) OpenSolaris bukan sesuatu yang sangat Up to Date. Jadi analisis ini belum tentu berlaku buat karya OpenSolaris ini, tapi barangkali akan berlaku pada PKMGT BlackBerry yang juga kami buat tahun itu. Insya Allah akan kami publikasikan kemudian.

###

OpenSolaris sendiri sudah mati. Mati? iya, Anda tidak salah baca. Setelah Oracle mengakuisisi Sun Microsystem (pembuat Solaris dan OpenSolaris), mereka mengubah kebijakan mereka seputar sistem operasi open source yang mereka miliki. Sehingga yang terjadi kemudian adalah : OpenSolaris mati, Solaris menjadi sistem operasi komersial (trial 90 hari, padahal sebelumnya gratis).

Ya, that’s all for my writing this time, i’d like to say thank you so much for your attention so far🙂

by Adi Setiawan

Adiess-RSA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s