BlackBerry Development Application Environment Sebagai Ajang Kreativitas dan Enterpreneurship Learning Mahasiswa (PKM-GT) – Bagian 1

Alhamdulillah, seperti janji kami sebelumnya bahwa kami akan menuliskan karya-karya dalam posting blog ini, pada kesempatan ini kami menuliskan karya kedua kami yang juga mendapatkan hibah dari Dikti untuk kategori PKM-GT 2010 kemarin.

Karya kedua ini merupakan salah satu ide kami yang mengangkat fenomena maraknya penggunaan handset BlackBerry pertengahan hingga akhir 2010 kemarin, jadi menurut kami, salah satu alasan karya ini bisa mendapatkan hibah karena kontekstual dengan kondisi yang sedang terjadi.  Selamat membaca…

Sapto Prasetyo

Sapto Prasetyo

Bab I Pendahuluan

A. Latar Belakang

Setelah resmi dipasarkan di Indonesia, termasuk dengan bekerja sama dengan beberapa provider telekomunikasi terkemuka, BlackBerry semakin memantapkan posisinya sebagai platform andal berkomunikasi. Setiap hari terjadi penambahan jumlah pelanggan secara drastis. Kenyataan tersebut mencerminkan besarnya potensi pasar smartphone ini di Indonesia dibandingkan dengan negara lain khususnya di kawasan Asia Pasifik. Perkembangan layanan BlackBerry di Indonesia terus menunjukkan peningkatan yang signifikan, yakni dengan tingkat pertumbuhan penggunanya yang mencapai 500 % pada tahun 2009 atau tumbuh lima kali lipat dibandingkan dengan pertumbuhan pengguna pada akhir tahun sebelumnya (Info Komputer, 2010). Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah produk premium dengan harga yang tidak murah.

Atas prestasinya itu, Research in Motion (RIM) selaku vendor pemilik BlackBerry berupaya meningkatkan layanan bagi pengguna BlackBerry dengan menyediakan semakin banyak pilihan aplikasi yang mampu memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya. Untuk mendukung pengembangan aplikasi bagi BlackBerry, RIM merilis Application Programming Interface (API) terbaru yang mencakup layanan iklan (advertising), pembayaran (payment), layanan content push, dan layanan berbasis lokasi (location-based). API sendiri diimplementasikan dengan bahasa pemrograman Java yang popular dan dipaketkan dalam BlackBerry Java Development Environment .

Peningkatan layanan BlackBerry yang semakin besar merupakan peluang bisnis yang prospektif.  Pengembang aplikasi dari kalangan mahasiswa dapat turut berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi untuk BlackBerry. Produk yang dihasilkan dapat dipasarkan di situs resmi penjualan aplikasi milik BlackBerry yaitu BlackBerrry App World , dimana pengembang dapat menentukan harga produk yang dijualnya sendiri, dan akan mendapatkan 80 % dari hasil penjualan produknya di toko online tersebut.

Dengan tingginya popularitas BlackBerry di Indonesia, kebutuhan aplikasi bagi smartphone, dan dukungan  development environment berbasis bahasa pemrograman Java, pengembang dari kalangan mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai media penyaluran ilmu yang diperoleh selama kuliah sekaligus berlatih berbisnis penjualan aplikasi untuk smartphone berskala enterprise yang memiliki masa depan prospektif. Dengan turut berpartisipasi, kedepannya mahasiswa akan mempunyai dasar kreativitas pengembangan sekaligus memiliki pengalaman entrepreneurship yang berguna bagi kehidupannya.

 B. Tujuan dan Manfaat

Dengan penulisan karya tulis ilmiah ini, diharapkan ada ketertarikan mahasiswa pada dunia pengembangan dan pemasaran aplikasi yang riil dan prospektif seperti BlackBerry, kemampuan untuk mengembangkan aplikasi yang kreatif sekaligus kemampuan untuk memasarkan aplikasi yang dibuat sebagai suatu bentuk latihan nyata sebagai developer aplikasi smartphone BlackBerry.

Manfaat yang dapat diperoleh dengan keikutsertaan mahasiswa adalah kemampuan untuk menganalisis permintaan atau kebutuhan pasar, mampu merumuskan kebutuhan pengguna akhir, mampu menganalisis solusi kebutuhan pengguna, dan mampu membuat produk yang bernilai jual tinggi atas dasar kebutuhan pengguna. Dengan partisipasi mahasiswa ini, disamping dapat menyalurkan ilmu, mahasiswa juga akan mendapatkan penghasilan dari aplikasi maupun aksesoris yang dibuatnya untuk platform BlackBerry. Kedepannya diharapkan akan ada banyak software developer bagi Indonesia yang akan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia.

Bab II Gagasan

A. Life Style dengan BlackBerry

Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang sangat pesat, terlebih sejak munculnya perangkat selular. Dengan perangkat selular proses komunikasi dapat dilangsungkan secara real time. Namun seiring perkembangannya, masyarakat membutuhkan alat komunikasi pintar untuk mendukung berbagai aktivitasnya. BlackBerry sebagai suatu smartphone yang memiliki nilai mobilitas serta kapabilitas tinggi semakin diminati. BlackBerry menawarkan beragam fitur dan layanan beragam yang mampu memikat para penggunanya seperti email, organizer, music player, peramban dan fitur lainnya. Selain fitur utama tersebut BlackBerry juga menyediakan berbagai fitur andalan yang mampu memanjakan penggunanya.

Fitur yang menjadi andalan utama BlackBerry yakni push email. Dengan push email seluruh email baru, kalender, kontak disinkronisasikan secara real time. Email juga telah mengalami proses kompresi dan dan scanning dalam server BlackBerry sehingga lebih aman dari serangan worm.  Selain fitur push email, pengguna juga dimanjakan dengan fitur-fitur yang lain. Dengan BlackBerry, browsing internet dapat dilakukan lebih cepat karena data-data dari website telah dikompresi sehingga lebih ringan ketika dibuka oleh web browser. Selain itu, beragam aplikasi tambahan juga tersedia untuk perangkat cerdas ini seperti jejaring sosial, pesan instan serta beragam aplikasi lain yang siap ditambahkan. Dengan perangkat cerdas ini pengguna juga dapat berpindah dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain dengan mudah dan cepat.

Dari dunia game, BlackBerrry juga tidak ingin ketinggalan dengan smartphone yang lain. Dengan perangkat cangih ini pengguna dapat memainkan game kesukaaan mereka dengan tampilan grafis yang cantik. BlackBerry juga menawarkan beragam jenis dan variasi permainan yang siap ditambahkan ke dalam perangkat ini mulai dari yang  free sampai yang berbayar.

Sebagai salah satu smartphone enterprise, BlackBerry juga menyediakan berbagai software layanan yang mampu menghubungkan penggguna mobile-nya dengan aplikasi internal perusahaan, seperti:

1.                              BlackBerry Enterprise Server

Mengintegrasikan smartphone BlackBerry dengan sistem enterprise yang mampu melakukan komunikasi nirkabel dengan aman dan mengirimkan data perusahaan kepada pengguna seluler. BlackBerry Enterprise Server ditujukan bagi pelanggan korpokrasi dengan cakupan usaha yang besar.

2.                             BlackBerry Professional Software

Merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Memberikan fitur yang dibutuhkan  karyawan dalam paket-paket yang telah disiapkan.

3.                              BlackBerry Internet Service

Memberikan akses nirkabel mudah bagi individu dan usaha kecil untuk berkomunikasi dan mendapatkan inofrmasi tanpa membutuhkan software server dan dukungan TI.

  Dalam perkembangannya di Indonesia, BlackBerry mampu menarik minat konsumen secara umum walaupun pada awalnya ditujukan untuk para korporat. Hal ini dikarenakan BlackBerry mampu menawarkan berbagai aplikasi yang menarik serta mampu mengakomodasi hiburan para penggunanya. BlackBerry juga memungkinkan penggunanya untuk mempersonalisasi perangkat mereka dengan beragam kontent dan aksesoris yang menarik. Selain itu, BlackBerry juga mampu memberikan nilai prestise bagi para penggunanya yang beragam.

B.                 B. Popularitas BlackBerry Sebagai Peluang Bisnis

Perkembangan smartphone BlackBerry di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Walaupun ditawarkan dengan harga yang tidak murah, BlackBerry mampu menarik banyak konsumen. Informasi dari Research in Motion (RIM) selaku penyedia teknologi BlackBerry menyatakan bahwa pertumbuhan penggunaan layanan tersebut di Indonesia merupakan yang tertinggi di antara negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik (Info Komputer, 2010).

Sebagai perangkat yang cerdas, BlackBerry juga mampu mengakomodasi kebutuhan hiburan penggunanya. Aplikasi-aplikasi menarik, seperti game, dapat dengan mudah didapatkan dan dimainkan oleh perangkat ini. Dengan kemampuannya ini, BlackBerry dapat menarik minat konsumer secara umum. Pengguna BlackBerry yang semula lebih didominasi oleh kaum korporat, saat ini telah beralih kepada konsumer secara umum. Dari segi penggunaannya, BlackBerry juga mengalami perubahan. Dari yang semula untuk kepentingan bisnis, saat ini penggunaannya lebih condong hanya untuk hiburan dan berselancar di dunia maya.

Popularitas BlackBerry yang tengah meningkat dewasa ini dapat menjadi ladang bisnis yang prospektif. Peluang karier di bidang teknologi dan informasi mobile ini sangat terbuka lebar. Permintaan tenaga ahli dalam pengelolaan dan pengembangan Blackberry juga semakin meningkat, diantaranya adalah sebagai:

1.                               Developing BlackBerry Mobile Aplication

Pengembangan aplikasi mobile BlackBerry sangat penting bagi kelangsungan penguasaan pangsa pasar. BlackBerry yang menawarkan kelebihan pada pengembangan aplikasi eksklusif yang berbeda dengan smartphone lain tentunya sangat memerlukan aplikasi-aplikasi menarik yang dapat menggaet dan memanjakan konsumen.

2.                              Administration BlackBerry Enterprise Server

Saat ini terdapat lebih dari 200 ribu BlackBerry Enterprise Server terinstalasi secara global, untuk itu diperlukan professional-profesional terlatih untuk mengelola, mengkonfigurasi dan mendukung penyebaran tersebut.

3.                              Developing BlackBerry Support

Keberadaan BlackBerry tentunya sangat membutuhkan dukungan teknis maupun non-teknis dalam penggunaan smartphone tersebut. Dukungan yang diberikan dapat berupa pengembangan aplikasi, aksesoris, layanan purnajual, maupun layanan service center.

 Seiring dengan semakin banyaknya pengguna BlackBerry yang menggunakan smartphone sebagai hiburan, diperlukan berbagai macam aplikasi yang mampu mengakomodasikan kebutuhan hiburan pengguna. Konten yang kreatif dan mampu memberikan pengalaman berbeda semakin dibutuhkan konsumen.

Selaku vendor pemilik BlackBerry, Research In Motion (RIM) menawarkan peluang bisnis bagi pengembang aplikasi. Targetnya adalah bersama-sama mengembangkan aplikasi yang semakin memanjakan konsumen. Para developer dapat menciptakan aplikasi yang kreatif dan juga inovatif.  Aplikasi yang diinginkan RIM harus membangkitkan transformative experience, yakni harus memberikan pengalaman berbeda dengan perangkat yang lain.

Untuk memfasilitasi para developer dalam pengembangan aplikasi, RIM juga menyediakan toko aplikasi online yang disebut BlackBerry App World. Melalui toko online tersebut para developer application dapat memasarkan aplikasi buatan mereka dengan harga yang ditentukan sendiri. Mereka pun mendapat komisi 80% dari hasil penjualan aplikasi yang telah mereka buat.

Bagi dunia pengembang aplikasi, fenomena semacam ini merupakan sebuah peluang yang sangat bagus untuk menunjukkankan eksistensinya. Semakin kreatif aplikasi yang mereka buat, semakin banyak orang yang membeli aplikasi yang mereka jual, dan semakin banyak pula income yang akan mereka terima dari sebuah aplikasi kreatif. Sebagai insan kreatif, mahasiswa dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengembangkan jiwa entrepreneurship-nya. Mahasiswa dapat menjadi pengembang aplikasi-aplikasi kreatif atau menciptakan aksesoris-aksesoris menarik untuk pengguna BlackBerry.

C.                C. Pengembangan Konten Kreatif dan Aksesoris Eksklusif

Seiring dengan peningkatan jumlah konsumen BlackBerry, upaya untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan akan solusi layanan mobile lifestyle yang mendukung aktivitas sehari-hari juga semakin meningkat. Peluang semacam ini semestinya tidak boleh dilewatkan bagi pengembang aplikasi, khususnya mahasiswa. Apalagi didukung dengan adanya development environment yang khusus dibuat untuk BlackBerry yaitu BlackBerry Java Development Environment. BlackBerry Java Development Environment merupakan program aplikasi dekstop yang dapat digunakan untuk merancang aplikasi BlackBerry. Software ini mengakomodasikan salah satu bahasa pemrograman aplikasi yang popular yaitu Java yang banyak diajarkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

Kerja sama dari Research in Motion (RIM), selaku vendor pemilik BlackBerry, dengan Adobe juga memungkinkan pengembangan aplikasi berbasis Adobe Air, Adobe Flash, Adobe Creative Suite, Adobe Dreamweaver, Fireworks, dan Device Central. Kerja sama tersebut memberikan keleluasaan lebih bagi pengembang dalam membuat aplikasi berbasis Flash, Widget, dan Web Content. Banyaknya opsi pilihan framework pengembangan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa pengembang memungkinkan pembuatan aplikasi yang kreatif secara visual maupun secara sistem internalnya.

Untuk mendukung pengembangan aplikasi bagi BlackBerry, RIM juga merilis Application Programming Interface (API) terbaru yang mencakup layanan iklan (advertising), pembayaran (payment), layanan content push, dan layanan berbasis lokasi (location-based). Dengan API pengembang aplikasi akan mendapatkan pemasukan tidak hanya dari penjualan aplikasi tetapi juga dari iklan.

Aplikasi-aplikasi yang akan dibuat dapat beraneka macam sesuai minat dan permintaan pasar, misalnya: tema, wallpaper, game ataupun aplikasi yang lain. Selain itu juga dapat dibuat aplikasi khusus layanan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai practicability, seperti BlackBerry Mobile Internet Banking, BlackBerry Mobile Electrical Payment, atau BlackBerry Mobile Book Store.

Segmentasi konsumen Blackberry yang beraneka ragam mulai dari para korporat serta konsumer secara umum merupakan peluang untuk mengembangkan aplikasi yang kreatif dan inovatif. Dari segi segmentasi, suatu aplikasi harus mampu mengakomodasi selera dan gaya tiap pengguna yang berbeda. Aplikasi untuk para korporat tentunya berbeda dengan selera anak muda.

Dalam usaha untuk mengembangkan aplikasi untuk smartphone BlackBerry, mahasiswa dapat membentuk komunitas BlackBerry Aplication Developer Group tingkat kampus. Fungsi komunitas ini adalah mendorong tumbuhnya kreatifitas dan keahlian dalam bidang pengembangan aplikasi, mulai dari proses konsep aplikasi, pengembangan hingga pemasaran melalui toko aplikasi resmi BlackBerry App World. Dosen juga dapat memberikan bimbingan teknis bagaimana merancang aplikasi menarik dan tepat sasaran bagi pengguna BlackBerry.

Selain membentuk komunitas tingkat kampus, komunitas BlackBerry Aplication Developer Group juga dapat membangun kolaborasi dengan para pengembang aplikasi perusahaan BlackBerry, operator selular, inkubator dan penyedia konten resmi BlackBerry. Dengan kolaborasi tersebut semua elemen dapat terintegrasi dengan baik sehingga mendorong lingkungan yang kreatif dan saling menguntungkan.

Selain pengembangan aplikasi BlackBerry, pengembangan dalam bidang aksesoris juga sangat terbuka lebar. Pengguna BlackBerry memiliki kecenderungan untuk mempersonalisasi perangkat mereka sesuai gaya dan kepribadian masing-masing. Aksesoris BlackBerry seperti: leather case, detachable neck lanyard, casing atau gantungan yang memiliki nilai seni dan ekslusif sangat mungkin untuk dikembangkan.

Untuk mengembangkan aksesoris BlackBerry, mahasiswa dapat membentuk komunitas Accessoris Maker Group untuk membuat konsep dan mengembangkan aksesoris BlackBerry. Dalam praktiknya, komunitas ini juga dapat membangun kerja sama dengan perusahaan lokal sejenis untuk saling bekarja sama menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki nilai seni.

Setelah mengembangkan aplikasi dan aksesoris untuk BlackBerry, mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah serta mengembangkan semangat kewirausahaannya. Selain untuk kepentingan bisnis, pengembangan aplikasi ini secara tidak langsung menyiapkan sumber daya manusia unggul bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai developer, administrator maupun dukungan teknis profesional.

Berlanjut ke bagian kedua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s