BlackBerry Development Application Environment Sebagai Ajang Kreativitas dan Enterpreneurship Learning Mahasiswa (PKM-GT) – Bagian 2

Melanjutkan tulisan sebelumnya, pada kesempatan ini kami menuliskan bagian kesimpulan dari keseluruhan tulisan yang dibuat.

Bab III Kesimpulan

A. Gagasan

Setelah beberapa tahun dipasarkan di Indonesia, popularitas BlackBerry mengalami peningkatan signifikan dan terus

Sapto Prasetyo

Sapto Prasetyo

berkembang. Blackberry sebagai smartphone mampu mengakomodasi kebutuhan penggunanya, mulai penggunaan dari segi bisnis hingga dari sisi hiburan. Pengguna BlackBerry yang semula lebih didominasi kaum korporat, saat ini telah meluas ke kalangan konsumer secara umum.

Seiring perkembangan BlackBerry, kebutuhan aplikasi pendukung dalam bentuk kontent menarik juga semakin meningkat.  Bagi mahasiwa, hal ini merupakan suatu peluang bisnis yang prospektif. Mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama kuliah untuk mengembangkan aplikasi maupun aksesoris untuk BlackBerry. Mahasiswa juga mampu mengembangkan kreativitasnya dan memberikan kontribusi karya berkualitas dan berguna bagi masyarakat.

 B. Teknik Implementasi

 Dalam mengembangkan aplikasi mobile BlackBerry mahasiswa dapat membentuk komunitas BlackBerry Developer Group tingkat kampus. Dalam komunitas ini mahasiswa dapat merencanakan dan mengembangkan aplikasi BlackBerry dimulai dari proses konsep hingga pengembangan. Setelah aplikasi selesai dibuat dapat dipasarkan di toko online resmi BlackBerry App World. Di situs resmi penjualan aplikasi tersebut pengembang dapat menentukan sendiri harga aplikasi dan mendapat 80% dari hasil penjualan.

Disamping membentuk komunitas pengembangan tingkat kampus, mahasiswa  dapat membangun berkolaborasi dengan pengembang aplikasi resmi perusahaan BlackBerry, operator selular maupun penyedia kontent resmi agar meningkatkan iklim kreatif serta mengembangkan skill teknologi yang mampu bersaing ditengah persaingan global yang semakin ketat.

 C. Prediksi Hasil

Pemanfaatan potensi bisnis BlackBerry dengan menciptakan aplikasi kreatif serta aksesoris yang menarik akan mengembangkan kreativitas mahasiswa serta menciptakan karya yang inovatif. Selain itu, mahasiswa juga akan mengembangkan kemampuan enterpreneurship, mulai dari konsep usaha, pengembangan bisnis hingga pemasaran produk. Kedepannya diharapkan tercipta pengembang aplikasi lokal yang berkompeten serta ikut berpartisipasi aktif dalam memajukan ekonomi dan berperan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia.

Note :

Analisis yang telah kami lakukan tentang “alasan” mengapa karya kami yang satu ini agak berbeda dengan karya OpenSolaris kami yang lain. Menurut kami, alasan kenapa tulisan OpenSolaris kami bisa lolos dikarenakan temanya yang cukup unik dan jarang terekspos masyarakat. Coba saja Anda cari keyword “Open Solaris” di Google, hanya akan ada sedikit artikel yang keluar. Ini jika Anda mencarinya sekarang, dulu lebih sedikit lagi. Sayangnya ya seperti yang telah kami tuliskan dulu, OpenSolaris telah mati karena kebijakan Oracle yang mengkomersialkan Solaris.

Sementara alasan kenapa tulisan BlackBerry ini bisa lolos, barangkali karena kondisi waktu itu (pertengahan hingga akhir 2010) yang sedang terjadi adalah booming BlackBerry masuk Indonesia. Dengan harga yang selangit (6 jutaan) saja banyak yang membeli. RIM sendiri menyatakan telah terjadi peningkatan penjualan yang luar biasa di Indonesia pada masa itu. Ya, mungkin faktor kekinian / kontekstual dengan kondisi yang ada pada saat itulah alasannya, disamping tema enterpreneurship learning yang kami angkat.

Barangkali ini dulu yang bisa kami tuliskan sekarang. Kritik, saran, dan masukan yang membangun sangat kami harapkan demi kualitas tulisan yang semoga bisa membantu orang lain. Insya Allah.

by Sapto-RSA & Adies-RSA

Sapto Prasetyo & Adi Setiawan

RSA Research Team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s