Seputar PKM-KC di PIMNAS XXV UMY 2012

Knowledge : To Share. To Invest.

Pada kesempatan ini saya berusaha menuliskan beberapa opini yang terkait dengan penyelenggaraan Program Kreativitas Mahasiswa 2012 yang diselenggarakan Dikti khususnya bidang PKM-KC yang saya ikuti.

PIMNAS XXV

PIMNAS XXV – UNY TEAM

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi mahasiswa yang akan mengangkat bidang ini untuk tahun 2013 nanti. Pada penyelenggaraannya yang pertama, jumlah proposal PKM-KC telah melampaui jumlah proposal PKMT! Bidang PKMT sendiri cenderung mengalami penurunan jumlah proposal. Well, that’s what i know from PIMNAS Technical Meeting. Jadi bersiaplah menghadapi saingan yang lebih besar untuk penyelenggaraan berikutnya.

Terkait dengan tema yang diangkat untuk dimasukkan ke dalam kategori PKM-KC, dari pengamatan saya di ruang 3 (saya dijatah di ruang PKM-KC 3) ada beberapa aspek yang saya tangkap :

  1. Meskipun formatnya masih berupa “karsa cipta” atau yah semacam prototype, desain, atau istilah lainnya, juri sangat memperhitungkan aspek keberlanjutan program yang dimiliki. Bolehlah sampai penyelenggaraan PIMNAS produk yang kamu miliki masih belum 100% jadi, hanya punya beberapa sampel isi tapi kamu harus bisa menjelaskan itu beserta keberlanjutannya di masa mendatang. Termasuk possibility untuk ditulis ulang ke bidang PKM lainnya. Motivaa Project yang saya buat juga mendapatkan pertanyaan semacam itu dan untungnya karya ini punya kemungkinan ditulis lagi untuk bidang PKMM ataupun PKMK.
  2. Dalam pengamatan saya, juri atau reviewer tidak mempermasalahkan seberapa advance topik yang kita buat. Hal yang terpenting adalah seberapa bermanfaat karya kita setelah itu tak lagi berupa prototype atau konsep!
  3. Topik budaya dan yang terkait dengan itu masih cukup berkompeten untuk diangkat menjadi salah satu tema yang diangkat. Pariwisata lokal juga memiliki potensi yang sama. Saran saya sih tidak hanya sekedar itu, kalau bisa dikombinasikan dengan dua atau tiga bidang yang lain akan lebih dahsyat efeknya. Misalnya Budaya + Kesehatan + Teknologi.
  4. Karena yang biasanya diangkat dalam bidang PKM-KC adalah topik Teknologi, tentu saja ada satu nama besar yang pasti mendominasi judul-judul PKM-KC : Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Lihat saja seberapa banyak judul PKM-KC dari institut tersebut di PIMNAS kemarin. Serta seberapa gencar publikasi karya mereka.

Sebatas ini dulu opini yang bisa saya tuliskan. It has been a while since last time i published an article here..

Adi Setiawan – RSA Research Team

2 thoughts on “Seputar PKM-KC di PIMNAS XXV UMY 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s