Inspirasi Ide Program Kreativitas Mahasiswa 2012-2013

Creativity to Build. Inovation to Share.

Pengumpulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa tinggal menghitung hari. Kami memang tidak akan ikut kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa lagi mengingat masa studi tinggal sebentar lagi (bahkan salah satu personil sudah lulus duluan). Seandainya memang ikut, kira-kira gambaran umum teknologi pada karya yang kami buat adalah :

Menyikapi tren perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat akhir-akhir ini, terutama dengan kedatangan Windows 8 yang revolusioner sebentar lagi (kalau tidak salah dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012 besok), bisa saja kami akan mengganti platform Windows Phone 7 yang kemarin kami kembangkan menjadi platform Windows 8. Pertimbangannya adalah, dari sisi teknologi, konon katanya Windows 8 memiliki core system yang hampir sama dengan Windows Phone 8 sehingga pengembang aplikasi bisa mentargetkan kedua platform tersebut dengan sedikit melakukan perubahan sistem. Dengan platform berakhiran “8” tersebut, pengembang akan bisa mengembangkan sistem untuk tiga perangkat sekaligus : desktop, tablet, smartphone.

BlackBerry boleh saja mengalami penurunan angka penjualan di pasaran global, tapi di Indonesia perangkat ini masih memiliki basis pengguna yang besar. Pengembangan aplikasi untuk perangkat BlackBerry 10 yang baru akan dirilis pada awal-awal tahun 2013 bisa menjadi basis ide yang menarik. Mengangkat topik ini bisa menjadi nilai lebih dalam aspek keaktualan topik. Kunjungi situs pengembang aplikasi BlackBerry untuk informasi lebih detailnya. By the way, Motivaa Project yang pernah kami kembangkan dulu juga dibuat dalam kondisi pertaruhan keraguan perihal masuk atau tidaknya perangkat Windows Phone 7 ke Indonesia. Thanks to Nokia atas perubahan kebijakannya🙂

Salah satu teknologi yang tidak pernah mati adalah game. Meskipun tidak harus berteknologi tinggi, game yang mengangkat topik budaya (seperti yang dikembangkan salah satu peserta PIMNAS 2012 dari Universitas Tadulako) ataupun game yang memasukkan aspek pembelajaran (seperti game yang dikembangkan mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika UNY 2010 yang memenangkan Windows 8 Hackaton bulan Mei 2012 lalu) masih memiliki peluang yang sangat prospektif untuk maju ke level berikutnya (PIMNAS).

Sistem yang mengkombinasikan beberapa bidang kehidupan akan tetap kami angkat. Sebagaimana kemarin kami menggabungkan unsur kesehatan dan unsur budaya dalam sebuah sistem informasi kesehatan, bisa saja sekarang ini akan ada kombinasi-kombinasi lainnya. Kira-kira apa?

Kira-kira itu gambaran umum apa yang akan kami kembangkan seandainya kami mau membuat proposal lagi. Kenyataannya memang tidak akan buat lagi. Masih ada waktu pengerjaan sampai batas pengumpulan. Masih sangat cukup.

Catatan tambahan : bukan seberapa kompleks ide / sistem yang kita kembangkan, tapi seberapa bermanfaat apa yang kita kembangkan bagi kemaslahatan masyarakat luas.

Ditulis dalam alunan “Man Jadda Wa Jada”

Adi Setiawan – RSA Research Team

One thought on “Inspirasi Ide Program Kreativitas Mahasiswa 2012-2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s